Miris! Anggaran Kesehatan Indonesia Terendah di ASEAN, Tertinggal Jauh Dari Vietnam

JAKARTA - Luthfi Mardiansyah, ketua Center for Healthcare Policy and Reform Studies (CHAPTERS) menilai disparitas juga terjadi karena alokasi pemerintah di sektor kesehatan masih tergolong rendah dibanding negara-negara ASEAN lain, meski sudah ada perbaikan dengan program Jaminan Kesehatan nasional (JKN).

Belanja kesehatan Indonesia terkecil dibanding negara-negara ASEAN. Kita hanya lebih baik dibanding Laos, Brunei, dan Myanmar,” ucapnya dalam pemaparan di Deloitte Hospital Summit 2017 di Jakarta, Selasa (1/8).
Baca juga : Tips Awet Mudah Murah dan Dijamin Alami
Dalam beberapa tahun terakhir, lanjut dia, belanja kesehatan di Indonesia memang tumbuh pesat sekitar 10 sampai 20 persen per tahun, terlebih lagi didorong program JKN sejak 2015. Namun percepatan pertumbuhan itu belum mampu membuat Indonesia mengejar ketertinggalan dibanding negara lain.

Bahkan dibanding dengan Vietnam, Indonesia masih jauh tertinggal. “Salah satu faktor adalah banyak masyarakat kita yang mencari pelayanan kesehatan di luar negeri. Ini perlu dicermati,” tuturnya. (jpnn, 1/7/2017)
Miris! Anggaran Kesehatan Indonesia Terendah di ASEAN, Tertinggal Jauh Dari Vietnam
ILUSTRASI (foto.kompas.com)